Keindahan Danau Tempe dan Rumah Terapungnya

Keindahan Danau Tempe dan Rumah Terapungnya

Monday, 8 April 201312comments






Danau Tempe dengan Rumah Terapungnya - Jangan kaget dengan namanya. Danau ini bukannya di penuhi dengan Tempe atau kedelai.Danau Tempe sama seperti danau lainnya, berisikan ikan bukan tempe.Danau Tempe sendiri adalah danau terbesar kedua di Indonesia dan penghasil ikan air tawar terbesar di dunia. Jadi, sebagai orang Wajo saya sangat bangga pernah ke Danau Tempe. Asal-usul penamaan Danau Tempe sampai sekarang masih menjadi teka-teki. Karena tidak ada bukti penamaan nama unik "Danau Tempe" dalam bentuk dokumen atau yang lain.

Danau Tempe yang luasnya sekitar 13.000 hektare ini memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Mengapa? Karena Danau Tempe berada di atas lempengan benua Kanguru (Australia) dan Asia.Danau ini terletak di Sulawesi Selatan, 7 km dari Kota Sengkang, ibukota  Kabupaten Wajo.Untuk mencapai tempat ini, dari Kota Sengkang ke Sungai Walennae dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan Sepeda, Bemor, Mobil dan Berjalan Kaki. Dari Sungai Walennae menuju ke Danau Tempe ditempuh selama 30 menit  dengan menggunakan perahu motor, dengan biaya sekitar Rp.  100.000,- hingga Rp. 150.000,- per-perahu yang dapat memuat sekitar 5 orang.

Bagi anda yang takut tenggelam tidak usah takut. Karena jika anda sudah dalam perjalanan ke Danau Tempe, ketakutan anda akan hilang oleh suara mesin perahu motor. Dan yang paling utama adalah panorama alam Danau Tempe yang menghipnotis anda layaknya Master Romy Rafael.

Di tengah-tengah Danau Tempe juga, tampak ratusan rumah terapung milik nelayan dengan warna dan bentuk yang bervariasi. Mereka setiap harinya melakukan aktivitas seperti mandi, masak dan mencuci pakaian.Dari atas rumah terapung itu juga, wisatawan dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari serta menyaksikan beragam satwa burung, bunga-bungaan, dan flora air yang terapung di atas permukaan air. Di malam hari, para pengunjung  dapat menyaksikan indahnya rembulan yang menerangi Danau Tempe.

Keindahan Alam Danau Tempe bukan hanya menarik perhatian wisatawan, akan tetapi juga burung-burung yang berimigrasi dari Australia melewati Danau Tempe.

Jika anda belum pernah ke Danau Tempe, saya sarankan untuk berwisata ke sana jika ada waktu luang. Suasana yang tenang, masyarakat yang ramah dan di tambah dengan panorama alam yang indah sangat bagus untuk anda yang mencari ketenangan. Setiap tahunnya juga di bulan Agustus digelar festival Danau Tempe. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti lomba perahu tradisional, lomba perahu hias, lomba permainan rakyat (lomba layang-layang tradisional, pemilihan anak dara dan kallolona Tanah Wajo), lomba menabuh lesung (padendang), pergelaran musik tradisional dan tari bissu yang dibawakan oleh waria, dan berbagai pergelaran tradisional lainnya. 


1 hal menarik lagi yang ada di Danau Tempe. Anda melewati Benua Australia dalam perjalanan ke Dnanau Tempe. Mengapa? Karena Danau Tempe berada di atas Lempeng benua Australia.Jadi secara tidak langsung anda sudah pernah ke Australia.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ke Danau Tempe!!!




Source: http://golden-student.blogspot.com
Share this article :

+ comments + 12 comments

13 April 2013 at 23:29

keren danau nya sob..nice post
come back

13 April 2013 at 23:55

makasih (y)

14 April 2013 at 01:17

boleh tuh berkunjung, berhubung Saya orang Manado, jadinya dket itu ! ☺

14 April 2013 at 08:31

Keren...
nice post (y)

14 April 2013 at 09:21

Artikel yang sangat bagus mas Info yang keren..
nanti klo ada rezeki sya juga ingin kesana :)

14 April 2013 at 09:24

Amin

14 April 2013 at 10:14

nice

14 April 2013 at 10:16

nice infonya , danaunya keren

14 April 2013 at 11:02

bagus juga nih danau nya gan :D
mudah"an ane bisa ke sana

14 April 2013 at 16:08

Amin

14 April 2013 at 22:16

keren gann
http://informasi.bocah-lab.com/

Post a Comment

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo
Copyright © 2013. Golden Student - All Rights Reserved