Bagi anda yang bercita-cita menjadi seorang wartawan pasti mengetahu yang namanya wawancara. Secara umum wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang pihak yaitu, pewawancara dan narasumber. Wawancara bertujuan untuk menggali informasi tertentu dari narasumber. Setelah proses wawancara berlangsung kita bisa menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf. Laporan ini dapat di susun dalam bentuk artikel atau formulir, bahkan dapat pula dilaporkan dalam bentuk tanya jawab sesuai keadaan nyata saat wawancara. Sehingga yang tampak dalam laporan bentuk ini adalah salinan wawancara lisan ke dalam bentuk tulisan. Sumber penulisan yang berasal dari hasil wawancara ditulis kembali secara langsung san objektif.
Adapun sistematika penulisan laporan wawancara adalah sebagai berikut.
1. Pendahuluan, yang meliputi latar belakang pelaksanaan wawancara, tujuan wawancara, nama narasumber atau instansi yang diwawancarai, dan waktu dan tempat dilaksanakannya wawancara.
2. Isi, meliputi :
a. Informasi tentang berbagai hal sesuai dengan pokok-pokok masalah yang telah direncanakan.
b. Uraian tentang analisis atas hasil wawancara.
3. Penutup, yaitu meliputi kesimpulan dan saran.
Semoga bermanfaat!
0 Komentar