Pengertian Iman kepada Kitab-Kitab Allah Swt

Pengertian Iman kepada Kitab-Kitab Allah Swt - Iman kepada kitab-kitab allah adalah mempercayai dan meyakini sepenuh hati bahwa Dia telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada rasul melalui Malaikat Jibril yang berisi wahyu untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia sebagai pedoman guna mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Kata Al-Kutub merupakan bentuk jamak dari kata kitab yang berarti sesuatu yang ditulis. Adapun yang dimaksud kitab-kitab Allah Swt. Adalah kitab-kitab yang diturunkan Allah Swt. Kepada rasul-rasul-Nya sebagai rahmat dan hidayah bagi seluruh manusia agar mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat nanti.

Iman kepada kitab-kitab tersebut mengandung empat unsure sebagai berikut. 
1.Mengimani bahwa kitab-kitab tersebut benar-benar diturunkan dari Allah Swt.
  2.Mengimani kitab-kitab yang diwahyukan, seperti Al-Qur’an, Taurat, Injil, dan Zabur sebagaimana firman Allah Swt. Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 136. Yang artinya Katakanlah “Kami beriman kepada Allah Swt dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak mebeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami berserah diri kepada-Nya.”
    3.Membenarkan seluruh beritanya, seperti berita-berita yang ada di dalam AL-Qur’an dan berita-berita yang ada di dalam kitab-kitab terdahulu yang belum diganti atau belum diselewengkan
 4.Mengerjakan seluruh berita yang belum dihapus serta rela dan menyerah pada hukuman itu, baik kita memahami hikmahnya atau tidak. Seluruh kitab terdahulu dinasakh (dihapus) oleh Al-Qur’an, sebagaimana firman-Nya dalam Q.S. Al-Ma’idah ayat 48. Yang artinya Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an ) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran yang membenarkan kita-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya.
Previous
Next Post »
0 Komentar